Tinggalkan Bournemouth, Eddie Howe: Sulit Akhiri Hubungan 25 Tahun

Klikfifa – Eddie Howe resmi meninggalkan AFC Bournemouth usai 16 tahun mengabdi di klub tersebut. Dia lengser dari kursi kepelatihan atas persetujuan bersama, Sabtu (1/8/2020).

Keputusan itu dibuat setelah The Cherries degradasi dari Premier League ke Championship. Howe mengatakan mengakhiri hubungannya selama 25 tahun dengan klub menjadi salah satu keputusan tersulit yang dibuatnya.

“Meskipun kasih sayang dan cinta yang saya miliki untuk klub ini akan selalu ada, kami secara kolektif merasa sekarang waktu yang tepat bagi klub untuk pergi ke arah yang baru,” katanya, dalam sebuah surat terbuka kepada para pendukung klub, dikutip Sky Sports.

“Bournemouth akan selalu ada di hati saya, tetapi saya sangat yakin bahwa sekarang waktu yang tepat bagi klub untuk melakukan perubahan. Saya selalu memastikan, setiap keputusan yang pernah saya buat sebagai manajer adalah demi kepentingan terbaik klub dan pendukungnya, dan ini tidak berbeda,” tuturnya.

Pelatih 42 tahun itu sangat berjasa mengelola Bournemouth dari League Two sampai ke Premier League untuk pertama kalinya dalam sejarah klub pada 2015.

Howe sempat meninggalkan The Cherries untuk bergabung dengan Burnley setelah membawa klub itu naik ke League One pada 2010. Namun, dia kembali pada 2013 sampai akhirnya mampu membawa Bournemouth menapaki kasta tertinggi sepak bola Inggris dua tahun kemudian.

“Eddie Howe identik dengan klub ini, baik sebagai pemain dan manajer, dan itu tidak akan pernah berubah. Dia legendaris Bournemouth setelah membantu mengubah identitas dan sejarah klub,” ujar CEO Bournemouth Neill Blake.

“Saya sendiri, pemilik klub Maxim Demin berterima kasih dan penghargaan dewan atas prestasi Eddie tidak bisa dan tidak akan pernah diremehkan,” ucapnya.

Blake mengaku, keputusan ini telah dibahas bersama secara panjang lebar selama beberapa hari terakhir. Dia mengaku sulit menerima ini karena persahabatan klub dengan Howe yang sangat akrab.

“Kami berharap Eddie baik untuk apa pun yang ada di masa depan, dan berharap dia menikmati waktu yang sangat layak diperoleh bersama keluarganya,” tuturnya.

Sebelum jadi pelatih, Howe juga memulai karier sebagai pemain di klub ini pada 1995. Bahkan, dia juga jebolan akademi klub tersebut.