Masa Depan Man City di Liga Champions Terancam

KlikfifaManchester City terancam menghadapi larangan bermain di Liga Champions selama satu musim setelah Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) melakukan investigasi terkait pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Dalam laporan yang dikutip dari BBC, Selasa (14/5/2019), ketua panel investigasi dewan kontrol keuangan independen UEFA, akan membuat rekomendasi minggu ini.

Ada beberapa pandangan menyebut jika larangan selama satu musim menjadi hukuman yang sesuai jika City dinyatakan bersalah. Kabar mengenai kebocoran keuangan klub pertama kali dibeberkan surat kabar Jerman, Der Spiegel, tahun lalu.

Laporan menuduh bahwa Manchester City telah melanggar peraturan FFP dengan mengelembungkan nilai kesepakatan sponsor jutaan poundsterling. City didenda 49 juta poundsterling pada 2014 karena pelanggaran peraturan sebelumnya.

Jawara Liga Inggris membantah telah melakukan kesalahan, namun UEFA mengatakan tidak bisa mengintervensi investigasi yang sedang berlangsung. Kepala Investigasi Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA, Yves Leterme.

Jika City terbukti bersalah, maka tim besutan Pep Guardiola kemungkinan tidak akan absen di Liga Champions musim depan. Pasalnya, klub berjuluk The Citizens bakal mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga untuk melakukan pembelaan atas tuduhan tersebut.