Coppa Italia: AC Milan Kandaskan Torino Lewat Adu Penalti

Klikfifa – AC Milan mengalahkan Torino 5-4 lewat adu penalti. Ciprian Tatarusanu menjadi pahlawan lolosnya Milan ke perempatfinal Coppa Italia.

AC Milan menjamu Torino di San Siro pada babak 16 besar Coppa Italia, Rabu (13/1/2021) dini hari WIB. Skor tetap 0-0 hingga 90 menit berakhir.

Hal ini membuat laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu. Kondisi tak berubah di babak tambahan 2×15 menit.

Pemenangan laga harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan, Tomas Rincon, yang merupakan eksekutor keempat Torino menjadi satu-satunya penendang yang gagaL. Sepakannya bisa ditepis Tatarusanu.

AC Milan berhasil menang 5-4 dan memastikan melaju ke perempatfinal. Mereka menanti lawan dari pemenangan laga Fiorentina vs Inter Milan.

Milan langsung memainkan Zlatan Ibrahimovic sebagai starter mengisi posisi ujung tombak. Namun, pasokan bola kepada penyerang asal Swedia ini kurang baik.

Hal ini membuat Milan tak mencatatkan satu pun upaya tembakan hingga pertengahan babak pertama. Sementara, Torino mampu mencatatkan ancaman pertama di laga ini pada menit ke-24.

Simone Zaza berhasil menusuk ke kotak penalti sebelum melepas sepakan keras. Namun, bola masih mengarah ke pelukan Ciprian Tatarusanu.

Ibrahimovic baru dimanjakan umpan akurat pada menit ke-32. Umpan panjang dari lini tengah membebaskannya dari perangkap offside.

Ia lalu melepas tembakan di dalam kotak penalti. Upayanya ini belum membuahkan hasil karena sepakan Ibrahimovic melambung.

Minim peluang babak pertama berakhir imbang 0-0

Selepas jeda, kualitas serangan Milan membaik setelah Hakan Calhanoglu dan Jens Petter Hauge masuk ke lapangan. Mereka menggantikan Ibrahimovic dan Samu Castillejo.

Milan punya peluang di menit ke-51. Brahim Diaz memberikan umpan terukur ke Rafael Leao di depan gawang. Leao melepas sepakan keras, tapi Vanja Milinkovic-Savic bisa meredam ancaman Il Diavolo tersebut

Tuan rumah terus menggempur lini pertahanan Torino. Dua peluang emas mampu mereka hadirkan.

Pada menit ke-57, sepakan Diogo Dalot menyambar bola yang ditepis Milinkovic-Savic masih membentur tiang. Dua menit berselang, tiang kembali menjadi musuh Milan karena giliran peluang Calabria yang digagalkan menjadi gol.

Milan memaksa Milinkovic-Savic membuat penyelamatan pada menit ke-76. Kali ini, ia berhasil menepis sepakan Hakan Calhanoglu.

Rossoneri mengurung lini pertahanan Torino di menit akhir laga. Namun hingga 90 menit berakhir, pasukan Stefano Pioli gagal membuat gol.

Skor tetap 0-0 dan laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Saat perpanjangan waktu, Milan masih dominan. Namun, ketangguhan Milinkovic-Savic masih menjadi penghalang Milan mencetak gol.

Pada menit ke-96, ia berhasil menepis upaya jarak jauh dari Theo Hernandez. Ia juga bisa mengamankan tembakan pemain pengganti Giacomo Olzer pada menit ke-112.

Papan skor tak berubah hingga perpanjangan waktu tuntas. Pemenang laga ini harus ditentukan lewat adu penalti.

Penendang pertama kedua tim, Andrea Belotti di kubu Torino dan Frank Kessie untuk Milan, sama-sama menjalankan tugasnya dengan baik.

Sasa Lukic yang maju sebagai eksekutor kedua Torino membawa timnya unggul 2-1 usai mengecoh Tatarusanu. Namun, Theo Hernandez bisa menyetarakan angka lewat sepakan keras yang menghujam gawang Il Toro.

Kedudukan kemudian menjadi 3-3 setelah Lyanco dan Sandro Tonali bisa mencetak gol untuk tim masing-masing. Tatarasanu dengan gemilang berhasil menepis sepakan penendang keempat Torino, Tomas Rincon.

Alessio Romagnoli membawa Milan unggul 4-3 usai tembakan menggetarkan jala Torino. Milinkovic-Savic bisa mencetak gol sebagai penendang kelima Torino.

Namun, hal tersebut seakan sia-sia setelah Calhanoglu dengan tenang menjalankan tugasnya sebagai penendang kelima Milan. Ia mengecoh Milinkovic-Savic dan memastikan Milan menang 5-4.

SUSUNAN PEMAIN

AC Milan: Ciprian Tatarusanu; Pierre Kalulu Kyatengwa, Mateo Musacchio (Franck Kessie 62′), Alessio Romagnoli, Diogo Dalot; Davide Calabria (Theo Hernandez 62′), Sandro Tonali; Samu Castillejo (Jens Petter Hauge 46′), Brahim Diaz (Giacomo Olzer 106′), Rafael Leao; Zlatan Ibrahimovic (Hakan Calhanoglu 46′).

Torino: Vanja Milinkovic-Savic; Bremer (Lyanco 84′), Nicolas Nkoulou, Alessandro Buongiorno; Mergim Vojvoda (Sasa Lukic 84′), Jacopo Segre, Tomas Rincon, Karol Linetty (Wilfried Singo 63′), Cristian Ansaldi (Nicola Murru 63′); Amer Gojak; Simone Zaza (Andrea Belotti 90′).