Filipina Tunda ASEAN Para Games Menjadi Maret 2020

Klikfifa – Filipina menunda penyelenggaraan ASEAN Para Games 2020 dari yang dijadwalkan sebelumnya pada 18-24 Januari menjadi 20-28 Maret 2020.

Hal itu diungkapkan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto melalui rilis yang dikeluarkan pada Jumat (20/12). Perihal penundaan itu didapat dari laporan resmi Ketua Umum NPC (National Paralympic Committee) Indonesia Senny Marbun kepada Menpora, Zainudin Amali tertanggal 20 Desember 2019.

“Pada intinya memberitahukan bahwa berdasarkan informasi resmi dari Panitia Penyelenggara ASEAN Para Games (PHILAPGOC), maka sudah menyebutkan bahwa 10th ASEAN Para Games yang semula akan diadakan pada tanggal 18-24 Januari 2020 diundur menjadi tanggal 20-28 Maret 2020,” ucap Gatot.

Ketua NPC Filipina, Michael Barredo, pada awalnya mengatakan sudah melakukan persiapan sejak dua tahun lalu. Namun berdasarkan pertemuan pendaftaran delegasi yang dihadiri Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, muncul kemungkinan penundaan ajang olahraga dua tahunan bagi penyandang disabilitas tersebut.

Presiden ASEAN Para Sports Federation kemudian mengeluarkan surat resmi penundaan APG setelah pertemuan tersebut pada Jumat (20/12).

“Sesungguhnya Kemenpora sudah mendengar kemungkinan rencana pengunduran waktu penyelenggaraan ASEAN Para Games tersebut sejak tanggal 17 Desember 2019. Namun saat itu belum ada kejelasan resmi dari pihak Filipina,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kemenpora dan NPC tetap memutuskan untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin. Pelatnas kontingen juga dipertimbangkan untuk diperpanjang sambil menunggu penyempurnaan persiapan dalam rangka untuk mempertahankan peringkat juara umum dalam ASEAN Para Games.

“Kemenpora sangat menghargai, memahami kondisi dan kendala yang dihadapi PHILAPGOC, dan tetap berterima kasih bahwa ASEAN Para Games 2020 tetap akan diselenggarakan pada awal tahun 2020 meskipun mundur dua bulan. Kemenpora berharap penundaan waktu penyelenggaraan ASEAN Para Games akan cukup memberi waktu bagi PHILAPGOC untuk lebih baik dalam persiapannya,” ujarnya.

APG biasanya digelar setelah perhelatan SEA Games di negara penyelenggara yang sama.