Wabah Corona Tak Pengaruhi Jadwal Seri Pertama Formula 1

Klikfifa – Australian Grand Prix Corporation (AGPC) memastikan seri pertama Formula 1 2020 tetap akan digelar sesuai jadwal walaupun wabah virus corona terus mengancam. Seri perdana itu sendiri akan digelar pada 15 Maret mendatang di Melbourne Grand Prix Circuit.

Sejak merebaknya virus corona yang berawal dari Wuhan, China beberapa agenda olahraga banyak dibatalkan. Di MotoGP sendiri yang sedianya akan menggelar seri pertama di Qatar pada 8 Maret mendatang resmi dibatalkan.

Pembatalan GP Qatar tak lepas dari banyaknya pembalap dan tim yang bermarkas di Italia. Seperti diketahui, Italia menjadi negara Eropa yang terpapar virus corona dengan catatan 34 orang telah meninggal dunia serta lebih dari 1600 orang terinfeksi.

Seperti dikutip Foxsport, Senin (2/3/2020), CEO AGPC Andrew Westacott menekankan kesehatan dan keselamatan semua orang di Grand Prix Australia adalah yang terpenting. Namun ia bersikeras bahwa akhir pekan balapan di Albert Park akan berjalan sesuai rencana.

“Kami memiliki aturan kesehatan, keselamatan, dan manajemen darurat yang kuat di setiap acara dan kami akan terus bekerja secara kolaboratif dengan lembaga kesehatan dan pemerintah serta organisasi layanan darurat terkait dalam menangani masalah ini,” kata Westacott dalam sebuah pernyataan.

“Kami terus memantau dengan cermat situasi menjelang Grand Prix dan akan meminta masukan dari para ahli, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Victoria dan Nasional serta Komite Kepala Perlindungan Kesehatan Australia.”

“Formula 1 telah mengkonfirmasi bahwa Grand Prix Australia tetap berlangsung dan kami berharap untuk menyambut mereka dan tim-tim di Melbourne dalam satu hingga dua pekan ke depan,” kata Westacott.