Arteta Mau Benahi Arsenal? Butuh Waktu Bertahun-tahun

Klikfifa – Tugas berat dimiliki Mikel Arteta. Pelatih asal Spanyol itu harus membawa Arsenal bangkit dari keterpurukan.

Saat ini perjalanan The Gunners masih mengecewakan. Di kompetisi Premier League, mereka menempati posisi 9 dengan koleksi 43 poin. Dari 31 laga, Arsenal hanya meraih 10 kemenangan. Sisanya mereka kalah 8 kali dan imbang 13 kali.

Arteta tak bisa disalahkan sepenuhnya karena baru direkrut pada Desember 2019. Tugasnya masih sangat banyak. Namun dia diyakini bisa memberi dampak positif untuk Meriam London.

“Bisa terlihat pengaruh Arteta di dalam tim. Tapi mereka belum terhubung sepenuhnya. Masih belum ada koneksi antara lini belakang, tengah, dan depan. Mereka tidak bergerak sebagai satu kesatuan,” kata mantan pemain Arsenal, Robin van Persie.

Pria asal Belanda itu menilai Arteta sosok yang tepat untuk menangani Arsenal. Namun Van Persie tak yakin Arteta bisa membawa perubahan besar dalam waktu singkat. Menurutnya butuh waktu lama untuk mewujudkan misi besar tersebut.

“Dia masih berusaha menyatukan timnya. Dia membutuhkan waktu. Tidak hanya beberapa bulan, namun yang diperlukan adalah tahunan. Saya yakin dia bisa melakukannya,” ujar Van Persie dikutip dari The Sun.

“Mereka harus bisa mencari solusi untuk memperbaiki set-piece. Mereka harus lebih tangguh secara mental. Mereka membutuhkan mentalitas itu untuk bisa bersaing,” tuturnya.