Fakta Fakta Indonesia Bisa Jadi Juara Thomas Cup 2020

KlikFifa.news – Fakta – fakta Indonesia juara Piala Thomas 2020 akan diulas dalam artikel ini. Kemenangan tim bulu tangkis Merah Putih terjadi di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).Pada partai puncak, Indonesia yang menjadi unggulan pertama bertemu dengan China. Skuad Garuda pun menang 3-0 dan tidak harus meyelesaikan semua partai.

Pada laga pertama, Anthony Ginting menang atas Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14 dan 21-16. Setelah itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian membawa Indonesia unggul 2-0 usai membungkam He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12 dan 21-19.

Kemenangan Tim Merah-Putih dipastikan lewat Jonatan Christie pada partai ketiga. Dia menaklukkan Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21 dan 21-14.

Berikut fakta-fakta menarik Indonesia juara Piala Thomas 2020:

5. Penantian Gelar 19 Tahun

Kemenangan tim bulu tangkis Indonesia di Piala Thomas 2020 sangat berharga. Pasalnya, Tim Merah Putih berhasil membawa pulang trofi setelah 19 tahun melanglang buana ke berbagai negara.

Indonesia terakhir kali menjadi juara Piala Thomas pada 2002. Saat itu, tim Indonesia yang diperkuat Marleve Mainaky, Taufik Hidayat, Hendrawan, hingga pasangan ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto dan Halim Haryanto/Tri Kusharyanto, mampu mengalahkan, Malaysia di Guangzhou, China dengan skor 3-2.

4. Trofi Piala Thomas Ke-14

Indonesia sangat dominan dalam ajang turnamen beregu Piala Thomas. Tim Merah Putih menjadi negara terbanyak yang mampu meraih gelar juara.

Pada kemenangan di Denmark, menambah jumlah trofi Indonesia untuk Piala Thomas menjadi 14. Sementara China telah memenangkan Piala Thomas, 10 kali.

3. Ketiga Kalinya Kalahkan China di Final

Tim Indonesia sudah tiga kali berhasil mengalahkan China dalam partai final Piala Thomas. Perta terjadi pada 1984 saat turnamen berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu Tim Merah Putih menang dengan skor 3-2.

Skuad Garuda kembali bertemu China di Piala Thomas 2000. Berrlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia mampu menundukkan China dengan skor telak 3-0.

2020

Terakhir terjadi di Aarhus, Denmark. Tim Indonesia yang dikapteni Hendra Setiawan sukses menaklukkan China dengan skor 3-0.

2. Gelar Perdana Hendra Setiawan di Turnamen Beregu

Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 menjadi sangat mengharukan bagi Hendra Setiawan. Pasalnya, trofi turnamen beregu menjadi yang pertama bagi pebulu tangkis ganda campuran itu.

Gelaran Piala Thomas 2020 menjadi yang kedelapan bagi Hendra. Dia belum pernah sekalipun mencicipi gelar juara turnamen beregu meskipun telah berpasangan dengan Markis Kido dan Mohammad Ahsan.

Pencapaian terbaiknya hanya sebagai runner up dua kali. Perjuangannya digagalkan China pada 2010 dan Denmark pada 2016 lalu.

1. Ulangi Memori 2000

Raihan jura Piala Thomas 2020 mengulangi kesuksesan Indonesia saat turnamen berlangsung pada 2000 di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu Indonesia menang telak 3-0 atas China.

Pada partai pertama, tunggal putra Hendrawan sukses mengalahkan Xia Xuanze. Kemenangan juga diraih lewat sektor ganda putra, Tony Gunawan/Rexy Mainaky yang mampu mengalahkan Yu Jinhao / Chen Qiqiu.

Pada partai ketiga, Taufik Hidayat mengunci kemenangan Indonesia usai mengalahkan Ji Xinpeng. Kemenangan itu membuat Indonesia meraih gelar Piala Thomas untuk yang ke-12 kalinya.

[embedded content]