Thomas Cup 2020 – Indonesia Juara Setelah Kalahkan China

KlikFifa.news – Indonesia sukses menyebet gelar juara di Piala Thomas 2020 usai melibas China 3-0 di partai final. Kesuksesan ini membuat Indonesia mengulangi memori manis di Piala Thomas pada 2000.

Ginting Sumbang 1 Point di Awal Pertandingan

Sebagaimana diketahui, Anthony Sinisuka Ginting cs tampil tangguh di gelaran Piala Thomas 2020. Tim Merah Putih sukses melibas satu per satu lawannya yang diisi pemain-pemain tangguh, seperti Denmark, Taiwan, hingga Malaysia.

Alhasil, Indonesia sukses melenggang ke final. Di partai puncak itu, tim Merah Putih dihadapkan dengan sang juara bertahan, China. Laga pun diyakini berjalan sengit karena tim Negeri Tirai Bambu -julukan China- juga terus menunjukkan ketangguhannya di Piala Thomas 2020.

Tetapi, di final, Indonesia bisa membantai China dengan mudah. Laga final ini langsung dituntaskan dengan skor 3-0. Kemenangan pertama didapat lewat aksi Anthony Sinisuka Ginting.

Menghadapi Lu Guang Zu, Anthony gagal memulai laga yang digelar di Ceres Arena, Aarush, Denmark, pada Minggu (17/10/2021) malam WIB itu dengan manis. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu takluk dengan skor 18-21.

Tetapi, Anthony sukses menebus tuntas di set kedua dan ketiga. Laga diselesaikan dengan skor 21-14 dan 21-16. Alhasil, Indonesia unggul 1-0.

Fajar dan Rian Menambah Keunggulan Tim Indonesia

Angka kedua Indonesia didapat lewat aksi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menaklukkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dalam pertarungan dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-19. Jonatan Christie pun menjadi penentu kemenangan. Dia melibas Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, dan 21-14.

Alhasil, Indonesia dipastikan keluar sebagai juara dan menghentikan tren juara China di Piala Thomas 2020. Kesuksesan ini juga membuat Indonesia mengulangi kesuksesan di Piala Thomas 2000.

Flashback Final Piala Thomas 2020

Kala itu, Indonesia yang juga lolos ke partai final dihadapkan dengan China dalam memperebutkan gelar juara. Laga seru dan sengit pun tersaji, tetapi Indonesia berhasil menang tiga partai langsung dan memastikan diri merebut gelar juara.

Kemenangan pertama didapat lewat aksi Hendrawan yang melibas Xia Xuanze dalam pertarungan rubber game. Laga selesai dengan skor 15-11, 15-7, dan 15-9.

Di partai kedua, Tony Gunawan/Rexy Mainaky juga sukses merebut kemenangan. Bahkan, laju Tony/Rezy untuk menang sangat mulus karena laga selesai dua set langsung dengan skor 15-9 dan 15-2.

Kemudian, Taufik Hidayat menjadi penentu kemenangan dalam laga ini. Dihadapkan dengan Ji Xinpeng, Taufik tampil begitu tangguh. Laga diselesaikan dalam pertarungan straight set dengan skor 15-9 dan 17-14.

Kini, Anthony Sinisuka Ginting cs kembali membawa harum nama Indonesia di Piala Thomas 2020. Ini jadi gelar juara ke-14 yang diraih tim Indonesia di Piala Thomas.

[embedded content]